-->

Langkah Awal Menjadi Blogger


Blogger bagi sebagian orang merupakan sebuah hoby, berbekal kesukaan menuliskan pengalaman-pengalaman mereka di internet, sehingga menjadi blogger menjadi sekedar hoby dan tidak mengejar target-target tertentu.

Berbeda halnya bagi sebagian orang yang lain, yang menjadikan blogger sebagai sumber penghidupan. Maka type yang kedua ini, diperlukan kesungguhan dan modal yang cukup untuk memulai menulis blog.

Karena mereka dituntut memahami SEO, keyword, domain, hosting dan yang lainnya, karena tujuannya bagaimana sebuah blog dapat di monetize ke Adsense agar menghasilkan uang.

Type pertama, karena tujuan ngeblog hanya sekedar menyalurkan hobi dan tanpa target, sehingga menulis asal-asalanpun sah-sah saja.

Tetapi untuk type kedua ini, diperlukan swbuah skill atau kemampuan untuk menulis.

Skill yang terbentuk oleh sebuah proses dan waktu, jadi bisa dikatakan bahwa segala tentang blog bisa dipelajari dengan berproses.

Dalam proses itulah, fase "alay", ganti template blog setiap sebulan, copy paste sana sini akan dilewati. Tapi dengan begitu, kemampuan akan terbentuk, pembelajaran atas pengalaman-pengalaman tersebut akan membuat belajar bagaimana menjadi blogger yang efektif dan tertarget.

Kita ambil contoh saja, Mas Sugeng dengan salah satu situs blog nya Sugeng.id, bagaimana dia memulai menjadi blogger dengan keterbatasan-keterbatasan. Sobat dapat mengunjungi blog Sugeng.id tentang bagaimana ia memulai perjalanan ngeblognya hingga bisa sukses dengan earning seperti sekarang ini.

Menurut saya, untuk menjadi seorang blogger yang menghasilkan (saya juga masih belajar) ada tahap-tahap yang harus dilewati terlebih dahulu.

Peta (roadmap) untuk jadi blogger yang setidaknya dapat penghasilan ialah pelajari dan kuasai Skill berikut ini satu persatu secara berututan:

  1. Sobat harus menentukan menjadi blogger yang seperti apa? Apakah Minimalis Blogger, Serious Hardworker Blogger, Entrepreneur Blogger.
  2. Pilih Model Blog yang Authority blog, review produk, perbandingan harga, membership blog, dan lain sebagainya.
  3. Sampai disini, temukan jawaban pada diri sendiri kenapa saya harus menjadi blogger, dan bagaimana cara saya menjadi blogger; Modal dan waktunya, kemudian skill yang di butuhkan.
  4. Tahap selanjutnya adalah sobat Pelajari tentang Platform Blog; blogspot dan wordpress.
  5. Pelajari Domain dan Hosting
  6. Kuasai teknik memilih Niche (tema blog) yang profitable/memiliki nilai jual yang tinggi.
  7. Pelajari dan kuasai teknik Riset Keyword untuk menemukan keyword yang memiliki nilai konversi tinggi dan banyak pencarian dengan kompetisi ringan
  8. Selanjutnya pahami tentang cara membuat Konten yang bermanfaat dan enak dibaca seperti Heading (H1), Subheading (H2), dan sub subheading (H3).
  9. Pelajari tentang SEO (Search Engine Optimazisation) atau Optimasi Mesin Telusur.
  10. Pelajari cara monetisasi atau mendaftarkan blog kedalam program Google Adsense atau Affiliate dan lain sebagainya yang dapat menghasilkan uang.
  11. Baca dan pelajari teknik serta strategi agar bagaimana bisa fokus, produktif dan termotivasi menjadi blogger.
  12. Ikuti forum-forum blogger untuk sharing tentang pengalaman-pengalaman menjadi seorang blogger.

Sampai disini sobat sudah tau apa yang harus dikerjakan, langkah selanjutnya adalah cari tahu jawabannya tentang pertanyaan-pertanyaan berikut:
  1. Mengapa saya harus melakukan hal diatas?
  2. Bagaimana saya melakukan hal diatas satu persatu?
Mencari tahu Bagaimana melakukan sesuatu, bisa dicari di Google atau Youtube dengan sangat mudah TAPI mencari tahu Mengapa harus melakukan hal itu, hanya sedikit yang mau berbagi. Sobat tanya pada diri sendiri Mengapa saya harus melakukan hal diatas?

Membangun Blog agar Komersil butuh waktu dan kesabaran, Mas Sugeng dan Arlina Design adalah contoh website yang sudah komersil dan Branded, mereka membangun merk ,jaringan dan produk dengan cara yang khas, menggunakan logo yang mudah diingat, dan satu hal yang sama dari mereke, tulisan mereka original. Tidak copy paste, dan sangat mudah dipahami.

Untuk mencapai hal tersebut butuh waktu, keuletan serta ketangguhan yang tidak sebentar, pada intinya semua berproses. Selamat ngeblog.

0 Response to "Langkah Awal Menjadi Blogger"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel