-->

Cara Membersihkan Google Drive Agar Tidak Bayar

Cara membersihkan Google Drive Agar Tidak Bayar

Google Drive merupakan salah satu layanan Google yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna internet sebagai layanan penyimpanan file, berbagi file dan sinkronisasi file Bisnis.

Aplikasi Google Drive ini sangat mudah diakses sehingga keuntungan yang didapat pengguna ialah dapat mengakses file data baik foto atau dokumen lainnya dengan cepat melalui perangkat seluler mereka.


Aplikasi yang diluncurkan pada 24 April 2012 ini merupakan aplikasi yang dapat dimanfaatkan baik secara gratis ataupun berbayar dengan pembayaran secara berjangka yang dapat dipilih oleh pengguna.

Untuk Pengguna yang mengingikan menghunakan aplikasi google drive secara gratis hanya dibatasi dengan kapasitas maksimal  penyimpanan sebesar 15 GB saja, sehingga jika pengguna ingin menggunakan layanan ini dengan penyimpanan yang melebihi 15 GB harus mengupgrade menjadi prabayar dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Kapasitas 15 s/d 100 GB Rp. 26.900/Bulan atau 269.000/Tahun
  • Kapasitas 200 GB Rp. 430.000/Tahun
  • Kapasitas 2 TB Rp. 135.000/Bulan atau 1.350.000/Tahun
  • Kapasitas 10 TB Rp. 1.350.000/Tahun
  • Kapasitas 20 TB Rp. 2.700.00/Bulan

Nah, jika sobat ingin menggunakan layanan google drive agar tidak perlu bayar, berikut adalah tips-tips agar sobat dapat menggunakan google drive tanpa perlu harus mengupgrade menjadi prabayar.

Hapus File Besar


Cara pertama adalah sobat harus menghapus file-file besar, tentu saja hal tersebut untuk menghindari pemakaian ruang yang terlalu banyak, sehingga sobat dapat meminimalisir pemakaian kapasitas Google Drive.

Untuk dapat menghapus file-file besar, sobat dapat mulai mengidentifikasi file-file besar yang tersimpan dengan cara masuk ke https://drive.google.com/drive/u/0/quota.

Laman tersebut akan memperlihatkan file-file sobat dengan ukuran jumbo. Nah, apakah file tersebut perlu dihapus atau tidak, tentu sobat sendiri yang dapat memutuskannya.

Dari halaman ini, sobat juga dapat memeriksa aplikasi apa saja yang di install di SMartphone sobat yang menyimpan data secara tersembunyi.

Caranya, tetap pada halaman tersebut klik roda gigi kemudian klik menu setting dan masuk ke menu "manage apps". Disana sobat dapat melihat rincian aplikasi apa saja yang menyimpan file-nya pada Google Drive.

Kompress Foto/Kurangi Size Foto


Yang kedua, cara yang dapat ditempuh adalah dengan cara mengurangi kualitas foto sehingga foto yang disimpan lebih ringan sehingga tidak menggunakan banyak ruang penyimpanan.

Penggunaan smartphone bisa mencadangkan foto-foto secara otomatis sehingga hal tersebut juga memerlukan penyimpanan Google Drive yang tidak sedikit.

Sehingga melukan kompresi foto atau mencegah penggunaan ruang yang banyak dengan foto-foto dengan kualitas besar dapat dihindari dengan cara masuk melalui https://photos.google.com/settings.

Saat masuk sobat akan melihat tombol "Recover Storage", Klik tombol tersebut untuk mengubah foto dan video menjadi resolusi yang lebih kecil.

Hapus Email Besar


Cara yang ketiga adalah dengan cara menghapus lampiran (attachment) pada e-mail yang berukuran besar. Sobat dapat menghapus lampiran-lampiran ini agar mengurangi kapasitas pemakaian penyimpanan Google Drive.

Pertama lakukan pencarian dengan cara ketik "has:attachment larger:10M” pada kolom pencarian e-mail. Lalu akan muncul kumpulan e-mail dengan lampiran yang melebihi 10 MB. Pilihlah e-mail tersebut yang menurut Anda sudah tidak penting, kemudian lakukan hapus.

Untuk memastikan attachment terhapus, sobat buka folder "trash" pada e-mail Anda dan klik tombol "empty trash now" untuk membersihkan semua yang telah dihapus.

0 Response to "Cara Membersihkan Google Drive Agar Tidak Bayar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel