-->

Jenis dan Manfaat Backlink Untuk Blog

Jenis dan Manfaat Backlink Untuk Blog
Memiliki Blog/Website dengan reputasi yang baik di mata pengunjung dan Google merupakan idaman bagi setiap blogger.

Untuk bisa disukai oleh pengunjung blog, bisa dengan membuat konten yang berkualitas, original, informatif dan memberikan manfaat bagi pengunjung.

Namun untuk bisa disukai oleh Google salah satu faktornya adalah Backlink. Lalu apa itu Backlink? Apa saja jenis Backlink? Dan apa manfaatnya bagi sebuah Blog atau Website?

Artikel kali ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut secara rinci sesuai pemahaman kami. Bagi teman-teman yang ingin menambahkan penjelasan, silahkan tinggalkan di kolom Komentar.


Pengertian Backlink


Menurut definisi yang bersumber dari Wikipedia.org, Backlink adalah "link yang masuk ke sebuah situs web atau halaman web. Dalam terminologi dasar link, backlink yaitu link apapun yang diterima oleh sebuah node web (halaman web, direktori, situs web atau domain tingkat atas) dari node web lain."

Dengan kata lain, Backlink adalah url aktif maupun tidak aktif yang mengarahkan dan atau menunjukkan kepada sebuah laman blog atau situs tertentu.

Jenis-jenis Backlink


Backlink terbagi menjadi 2 (dua), yakni Backlink Dofollow dan Backlink Nofollow. Saya akan mencoba menjelaskan satu persatu kedua Backlink tersebut secara rinci.

1. Backlink Dofollow

Backlink Dofollow merupakan link aktif yang mengarah kesuatu laman atau situs tertentu.

Link aktif disini maksudnya adalah link yang dapat mengarahkan ke suatu laman atau situs tertentu dengan sekali klik. 

Untuk lebih jelasnya, sobat dapat melihat backlink Dofollow berikut ini.

Contoh Backlink Dofollow:  www.wikipedia.org

www.wikipedia.org tersebut dinamakan backlink Dofollow apabila kita pasang pada artikel kita, karena saat kita klik akan mengarahkan menuju situs atau laman Wikipedia secara langsung.
Dengan kata lain, Backlink Dofollow adalah link aktif yang bisa di klik.

2. Backlink Nofollow

Selanjutnya adalah Jenis Backlink Nofollow. Backlink ini merupakan kebalikan dari Backlink Dofollow yakni Link tidak aktif yang apabila diklik tidak mengarahkan menuju laman atau situs tertentu.

Berikut ini adalah contoh Baclink Nofollow

Contoh Backlink Nofollow: www.wikipedia.org

Link tersebut merupakan link Nofollow, karena ketika di klik www.wikipedia.org tidak akan mengarahkan kita menuju laman wikipedia.

Nah, sampai disini apakah teman-teman sudah bisa memahami perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow?

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah contoh link Dofollow dan Nofollow:

Contoh:
Sumber: wikipedia.org (Dofollow)
Sumber: wikipedia.org (Nofollow)

Oke, sampai disini saya kira teman-teman sudah bisa membedakan mana backlink Dofollow dan Nofollow.

Selanjutnya apa manfaat Backlink bagi sebuah Blog/Website.? Berikut akan saya uraikan manfaatnya.

Manfaat Backlink Untuk Sebuah Blog/Website


Backlink memberikan manfaat yang sangat besar bagi perkembangan sebuah situs blog. Hingga tidak sedikit orang yang menempuh bernagai cara untuk mendapatkan Baclink, mulai mengeluarkan uang untuk membeli sebuah Backlink atau tukar menukar Backlink dengan sesama blogger dan lain sebagainya.

Namun tentu saja, tindakan seperti itu bukanlah cara terbaik untuk mendapatkan sebuah Backlink, karena yang dibutuhkan oleh sebuah situs blog/Website tidak hanya sekedar Backlink, namun Backlink yang berkualitas. 

Google mampu mengidentifikasi apakah sebuah backlink tersebut berkualitas atau tidak dengan tool canggih milik mereka.

Nah berikut adalah manfaat-manfaat Backlink:

1. SEO (Search Engine Optimization)

Manfaat utama Backlink adalah untuk SEO (Pengoptimalan Mesin Telusur). Semakin banyak Backlink yang didapatkan atau dimiliki oleh sebuah situs Blog, maka reputasi Blog tersebut akan semakin baik di mata Mesin Pencari. Tapi sebagaimana saya sebutkan diatas, tidak sekedar asal backlink namun backlink yang berkualitas.

2. Ranking Blog/Website

Manfaat selanjutnya adalah Ranking sebuah Blog akan semakin naik, dengan memiliki Backlink yang berkualitas.

Kedua manfaat ini saling berkaitan antara satu dengan lainnya, sehingga dengan SEO maka ranking Blog juga akan naik. Dan dengan Ranking Blog yang naik, maka google akan menempatkan laman sebuah blog pada urutan pertama sesuai keyword yang diketikkan oleh user.

Kesimpulan


Dengan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa Backlink memiliki peran penting bagi perkembangan sebuah Blog, dengan backlink manfaat yang didapatkan Blog juga sangat besar.

Namun, terlepas dari itu semua disukai oleh Mesin pencari adalah penting, namun disukai oleh User/pengunjung jauh lebih penting.

Bagaimanapun kualitas konten yang dimiliki oleh situs blog menjadi unsur utama untuk perkembangan Blog.

Oleh karenanya, sebagai blogger, yang lebih penting adalah terus fokus dan berusaha untuk membuat konten-konten yang berkualitas, original, informatif dan membawa manfaat bagi user/pengunjung Blog, dengan begitu Backlink pun akan datang dengan sendirinya. Karena konten-konten didalam blog kita pantas dijadikan sebagai rujukan.

0 Response to "Jenis dan Manfaat Backlink Untuk Blog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel